Mengulas kembali tentang pengertian New Media, manfaat, komponen dan penggunaanya
1. PENGERTIAN NEW MEDIA
Media Baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk
mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan
komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang
digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki
karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif
dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari
interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya.
Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan
lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut para ahli :
Menurut Everett M. Rogers (dalam
Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat
era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era
telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media
yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
Menurut Ron Rice mendefinisikan media baru
adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik
mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk
berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
Sementara menurut McQuail, media baru
adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi
pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer,
keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.
MANFAAT
NEW MEDIA
Bidang Sosial
Dalam
bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam
jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter,
skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial
ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia
manapun.
Bidang Industri/Dagang
Dalam
bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk
tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung
didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya
melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
Bidang Pendidikan
Dalam
bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi
yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala
informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu
dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
Bidang Lowongan Kerja
Dalam
bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu
mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga,
tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.
Komponen
New Media
Pada
new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media
yang digunakan agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya
adalah sebagai berikut:
- Produsen merupakan
orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen
ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
- Distributoradalah
sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media
yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
- Konsumenadalah
orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media
yang berfungsi untuk memakai new media.
- Internet
& Web
- Personal
Komputer (PC) / Notebook
- DVDs
(Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs
(Compact Discs)
- Portable
Media Player.
- Mobile
Phone.
- Video
Game/ Game Computer.
- Virtual
Reality.
2. Aplikasi New Media
a)
Jejaring Sosial
Contoh
aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo
messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi
masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload
photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah,
cepat dan mudah.
b) Online Shop
Produk produk sekarang dengan mudah
bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia
maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog,
website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat
c)
Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala informasi
maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan
aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website
lain nya.
CONTOH
PENERAPAN NEW MEDIA
Disini
saya menggunakan aplikasi instagram untuk
sumber analisa dan juga facebook, dan line sebagai aplikasi
pembandingnya. Saya memilih aplikasi instgram karena aplikasi tersebut dalahlah
salah satu aplikasi paling digemari di kalangan remaja sekarang.
a.
Definisi instagram
Instgram
adalah sebuah aplikasi berbagi
foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto,
mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk
milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto
menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera
Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio
aspek 4:3 atau 16:9 yang umum digunakan
oleh kamera pada peranti bergerak.
b.
Beberapa fitur yang terdapat di indtagram
1)
Pengikut
Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi
mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan
demikian komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin
dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah
diunggah oleh pengguna lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu unsur yang
penting, dan jumlah tanda suka dari para pengikut sangat mempengaruhi apakah
foto tersebut dapat menjadi sebuah foto yang populer atau tidak. Untuk
menemukan teman-teman yang ada di dalam Instagram, dapat menggunakan
teman-teman mereka yang juga menggunakan Instagram melalui jejaring sosial
seperti Twitter dan
juga Facebook.
2)
Mengunggah Foto
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk
mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin
diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di
album foto di iDevice tersebut.
3)
Kamera
Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat disimpan di dalam iDevice tersebut.
Penggunaan kamera melalui
Instagram juga dapat langsung menggunakan efek-efek yang ada, untuk mengatur
pewarnaan dari foto yang dikehendaki oleh sang pengguna. Ada juga efek
kamera tilt-shift yang fungsinya adalah untuk memfokuskan
sebuah foto pada satu titik tertentu. Setelah foto diambil melalui kamera di
dalam Instagram, foto tersebut juga dapat diputar arahnya sesuai dengan
keinginan para pengguna.
Foto-foto yang akan diunggah melalui Instagram tidak
terbatas atas jumlah tertentu, namun Instagram memiliki keterbatasan ukuran
untuk foto. Ukuran yang digunakan di dalam Instagram adalah dengan rasio 3:2
atau hanya sebatas berbentuk kotak saja. Para pengguna hanya dapat mengunggah
foto dengan format itu saja, atau harus menyunting foto tersebut terlebih
dahulu untuk menyesuaikan format yang ada. Setelah para pengguna memilih sebuah
foto untuk diunggah di dalam Instagram, maka pengguna akan dibawa ke halaman
selanjutnya untuk menyunting foto tersebut.
4)
Efek foto
Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang
dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya.
Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster,
Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977,
dan Lord Kelvin[18].
Pada tanggal 20 September 2011, Instagam telah menambahkan 4 buah efek terbaru,
yaitu Valencia, Amaro, Rise, Hudson, dan menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet,
dan Gotham. Dalam pengaplikasian efek, para pengguna juga dapat menghilangkan bingkai-bingkai
foto yang sudah termasuk di dalam efek tersebut. Fitur lainnya yang ada pada
bagian penyuntingan adalah tilt-shift yang fungsinya sama
dengan efek kamera melalui Instagram, yaitu untuk memfokuskan satu titik pada
sebuah foto, dan sekelilingnya menjadi buram. Dalam penggunaannya
aplikasi tilt-shift memiliki 2 bentuk, yaitu persegi panjang
dan bulat. Kedua bentuk tersebut dapat diatur besar dan kecilnya dengan titik
fokus yang diinginkan. Tilt-shift juga mengatur rupa foto di
sekeliling titik fokus tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat
keburaman pada sekeliling titik fokus di dalam foto tersebut.
6)
Judul foto
Setelah foto tersebut disunting, maka foto akan dibawa ke
halaman selanjutnya, dan foto tersebut akan diunggah ke dalam Instagram ataupun
ke jejaringan sosial lainnya. Di dalamnya tidak hanya ada pilihan untuk
mengunggah pada jejaring
sosial atau tidak, tetapi juga untuk
memasukkan judul foto, dan menambahkan lokasi foto tersebut. Sebelum mengunggah
sebuah foto, para pengguna dapat memasukkan judul untuk menamai foto tersebut
sesuai dengan apa yang ada dipikiran para pengguna. Judul-judul tersebut dapat
digunakan pengguna untuk menyinggung pengguna Instagram lainnya dengan
mencantumkan nama akun dari orang tersebut. Para pengguna juga dapat memberikan
label pada judul foto tersebut, sebagai tanda untuk mengelompokkan foto
tersebut di dalam sebuah kategori.
7)
Arroba
Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki fitur yang dapat digunakan
penggunanya untuk menyebut pengguna lainnya dengan manambahkan tanda arroba (@)
dan memasukkan nama akun Instagram dari pengguna tersebut. Para pengguna tidak
hanya dapat menyebut pengguna lainnya di dalam judul foto, melainkan juga pada
bagian komentar foto. Pada dasarnya penyinggungan pengguna yang lainnya
dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan pengguna yang telah disinggung tersebut.
8)
Label foto
Sebuah label dalam Instagram adalah sebuah kode yang memudahkan
para pengguna untuk mencari foto tersebut dengan menggunakan "kata
kunci". Bila para pengguna memberikan label pada sebuah foto, maka foto
tersebut dapat lebih mudah untuk ditemukan. Label itu sendiri dapat digunakan
di dalam segala bentuk komunikasi yang bersangkutan dengan foto itu sendiri.
Para pengguna dapat memasukkan namanya sendiri, tempat pengambilan foto
tersebut, untuk memberitakan sebuah acara, untuk menandakan bahwa foto tersebut
mengikuti sebuah lomba, atau untuk menandakan bahwa foto tersebut dihasilkan
oleh anggota komunitas Instagram. Foto yang telah diunggah dapat dicantumkann
label yang sesuai dengan informasi yang bersangkutan dengan foto. Pada saat
ini, label adalah cara yang terbaik jika pengguna hendak mempromosikan foto di
dalam Instagram.
9)
Perlombaan
Sebagai sebuah
media untuk mengunggah foto, salah satu kegunaan dari Instagram adalah sebagai
ajang lomba fotografi.
Di dalam perlombaan ini, para penyelenggara lomba menggunakan tanda label untuk
menandakan bahwa foto yang telah diunggah tersebut telah mengikuti lomba
tersebut. Sebuah perlombaan foto melalui Instagram adalah salah satu cara untuk
membuat sebuah produk lebih dikenal oleh masyarakat luas. Penyelenggara juga
memberikan jangka waktu tertentu agar makin banyak pengguna dari Instagram yang
mengikuti perlombaan tersebut. Pada umumnya, perlombaan yang diadakan melalui
Instagram ini tidak hanya memberikan hadiah, melainkan juga dengan menjadi
pemenang maka akan lebih dikenal lagi di dalam dunia Instagram oleh para
pengguna lainnya. Hal ini memungkinkan pengikut dari pengguna Instagram tersebut
akan bertambah banyak.
10)
Publikasi
kegiatan social
Sebagaimana
kegunaan media sosial lainnya,
Instagram menjadi sebuah media untuk memberitahukan suatu kegiatan sosial dalam
cakupan lokal ataupun mancanegara. Cara yang digunakan untuk mengikuti hal ini adalah dengan
menggunakan label Instagram. Dengan menggunakan label yang membahas mengenai
kegiatan sosial, maka makin banyak masyarakat yang mengikuti hal tersebut.
Dengan demikian Instagram menjadi salah satu alat promosi yang baik dalam
menyampaikan sebuah kegiatan itu. Contohnya seperti pada label #thisisJapan
yang dapat menarik perhatian para masyarakat international untuk membantu bencana
alam yang terjadi di Jepang pada
awal tahun lalu.
11)
Publikasi
organisasi
Di dalam
Instagram juga banyak organisasi-organisasi yang mempublikasikan produk mereka.
Contohnya saja seperti Starbucks, Red
Bull, Burberry, ataupun Levi’s. Banyak dari produk-produk tersebut yang sudah
menggunakan media sosial untuk
memperkenalkan produk-produk terbarunya kepada masyarakat, hal ini dikarenakan
agar mereka tidak harus mengeluarkan biaya sepersen pun untuk melakukan promosi
tersebut. Tidak hanya itu saja, produsen tersebut dapat berinteraksi secara
langsung dengan para konsumen mereka melalui Instagram. Hal ini juga
dimanfaatkan oleh para produsen untuk mendapatkan konsumen lebih banyak lagi,
terlebih lagi bila mereka ingin mendekati konsumen yang belum pernah
menggunakan produk mereka. Selain organisasi bersifat perniagaan, organisasi
jenis lainnya juga dapat menggunakan Instagram untuk tujuan politik ataupun bidang lainnya.
12)
Geotagging
Setelah memasukkan judul foto tersebut, bagian selanjutnya
adalah bagian Geotag. Bagian ini akan muncul ketika para pengguna iDevice
mengaktifkan GPS mereka di dalam iDevice mereka. Dengan demikian
iDevice tersebut dapat mendeteksi lokasi para pengguna Instagram tersebut
berada. Geotagging sendiri adalah identifikasi metadata geografis dalam situs web ataupun foto. Dengan Geotag, para penguna dapat terdeteksi lokasi
mereka telah mengambil foto tersebut atau tempat foto tersebut telah diunggah.
13)
Jejaring social
Dalam berbagi foto, para pengguna juga tidak hanya dapat
membaginya di dalam Instagram saja, melainkan foto tersebut dapat dibagi juga
melalui jejaring sosial lainnya
seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, dan Flickr yang tersedia di halaman Instagram untuk membagi foto
tersebut.
14)
Tanda suka
Instagram juga memiliki sebuah fitur tanda suka yang
fungsinya memiliki kesamaan dengan yang disediakan Facebook, yaitu sebagai penanda bahwa pengguna yang lain menyukai
foto yang telah diunggah. Berdasarkan dengan durasi waktu dan jumlah suka pada
sebuah foto di dalam Instagram, hal itulah yang menjadi faktor khusus yang
mempengaruhi foto tersebut terkenal atau tidak. Namun jumlah pengikut juga
menjadi salah satu unsur yang penting membuat foto menjadi terkenal. Bila
sebuah foto menjadi terkenal, maka secara langsung foto tersebut akan masuk ke
dalam halaman popular tersendiri.
15)
Popular
Bila sebuah foto masuk ke dalam halaman popular, yang
merupakan tempat kumpulan dari foto-foto popular dari seluruh dunia pada saat
itu. Secara tidak langsung foto tersebut akan menjadi suatu hal yang dikenal oleh
masyarakat mancanegara, sehingga jumlah pengikut juga dapat bertambah lebih
banyak. Foto-foto yang berada di halaman popular tersebut tidak akan seterusnya
berada di halaman tersebut, melainkan dengan berjalannya waktu akan ada
foto-foto popular baru lain yang masuk ke dalam daftar halaman dan menggeser
posisi kepopuleran foto tersebut.
16)
Peraturan
Instagram
Sebagai tempat untuk mengunggah foto-foto dari masyarakat
umum, ada beberapa peraturan tersendiri dari Instagram, agar para pengguna
tidak mengunggah foto-foto yang tidak sesuai dengan peraturan. Peraturan yang
paling penting di dalam Instagram adalah pelarangan keras untuk foto-foto pornografi, dan juga mengunggah foto pengguna lain tanpa meminta izin
terlebih dahulu. Bila ada salah satu foto dari akun yang terlihat sama oleh
pengguna lainnya, maka pengguna tersebut memiliki hak untuk menandai foto
tersebut dengan bendera atau melaporkannya langsung kepada Instagram.
17)
Penandaan foto
dengan bendera
Menandai foto dengan sebuah bendera berfungsi bila pengguna
ingin melakukan pengaduan terhadap penggunaan Instagram lainnya. Hal ini
dilakukan bila sebuah foto mengandung unsur pornografi, ancaman, foto curian ataupun foto yang memiliki hak cipta.
Dalam menandai sebuah foto dengan bendera (flagging), informasi mengenai
pihak yang telah menandainya akan tetap dijaga kerahasiaannya. Para
pengguna lainnya juga dapat melaporkan foto yang bukan milik mereka di saat
menemukan suatu foto dengan pelanggaran-pelanggaran yang sama.
DAFTAR
PUSTAKA
1. https://www.kompasiana.com/zulfiifani/54ff6d67a33311bc4c50ff2d/memahami-istilah-media-baru-new-media
Komentar
Posting Komentar