MULTIMEDIA


MULTIMEDIA
A.     PENGERIAN MULTIMEDIA
Pengertian multimedia adalah suatu sarana atau media melalui penggunaan komputer dalam menggabungkan dan menyajikan suara, teks, , animasi, audio dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sangat umum digunakan dalam dibidang informatika. Namun selain digunakan dalam dunia informatika multimedia seringkali dikaitkan dengan aplikasi yang digunakan dalam dunia hiburan seperti game serta berfungsi untuk membuat website. Pada awal mula terbentuk, multimedia hanya mencakup gambar diam, teks, animasi, mp3 dan mp4. Seiring perkembangan jaman, multimedia telah merambah dunia kinetik (gerak) dan bau.

B.      PERBEDAAN MULTIMEDIA LINEAR DAN INTERAKTIF
·       Multimedia interaktif
Merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain yang dioperasikan oleh pengguna. Multimedia interaktif dapat menggabungkan media-media lain yang terdiri dari teks, desain grafis, audio, dan rancangan lain. Contoh multimedia interaktif adalah aplikasi game, CD interaktif, aplikasi program, virtual reality, dst.
·       Multimedia linier
Multimedia ini berjalan secara lurus yang artinya berjalan tanpa kontrol dari pengguna dan merupakan jenis yang paling umum di masyarakat. Contoh multimedia linier adalah TV, film, e-book, musik dan lain-lain.

C.      ELEMEN MULTIMEDIA
Teknologi multimedia mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun 80-an dan
telah membuka dimensi baru dalam Teknologi Informasi. Teknologi multimedia telah
membawa satu perubahan drastis pada industri media karena kemampuannya
menyatukan kelebihan televisi sebagai alat audio visual dan kekuatan teknologi mesin
cetak dan kemampuan teknologi interaktif komputer.
Terdapat 5 elemen multimedia penting yang mendasar pada yaitu:
1)      Teks
Merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Biasanya dihasilkan oleh program pengolah kata dan merupakan informasi yang utama pada sebagian besar multimedia. Teks memegang peranan dasar dalam menyusun dokumen, karena hampir seluruh aplikasi multimedia menggunakan teks sebagai alat presentasi informasi yang paling sesuai untuk mendeskripsikan suatu nama, definisi atau aturan Memberi penekanan untuk sesuatu materi yang ingin disampaikan. Jenis jenis teks yang terdapat pada sebuah software ada berbagai macam, seperti : Times New Roman, Arial, Calibri, Comic sans dan lain lain.

2)      Grafis
Merupakan elemen paling penting, memberikan penekanan secara visual terhadap sesuatu presentasi maklumat.Membantu menyampaikan informasi dengan lebih berkesan.Menjadikan presentasi atau penyampaian informasi dengan lebih menarik. penyampaian informasi akan menjadi semakin efektif dan bermanfaat, terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
- Antarmuka pengguna
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan objek
- Sistem multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra
- Simulasi

3)      Audio
Membantu menyampaikan informasi dengan lebih efektif (misalnya: penggunaan suara latar atau kesan audio khusus). Membantu meningkatkan daya tarik terhadap sesuatu tayangan. Membantu meningkatkan daya tarik terhadap isi yang di presentasikan. Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa suara. Suara terbagi menjadi tiga katagori :
a.      Ucapan (speech) : suara orang berbicara
b.      Musik (music) : suara yang dihasilkan oleh alat music
c.       Efek suara (sound effect) : suara yang dibuat untuk menciptakan kesan atau kejadian, seperti suara tembakan, halilintar, gelas pecah, dll


4)      Video
Menyediakan metode penyaluran informasi yang amat menarik dan hidup.Merupakan elemen atau media yang sangat dinamis dan efektif dalam menyampaikan informasi. Merupakan gabungan elemen multimedia yang lengkap karena menggabungkan semua elemen multimedia yanga ada untuk menyajikan informasi video menggunakan system animasi yang diambil melalui suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file dan format tertentu.

5)      Animasi
Berperan sebagai penarik pada sebuah presentasi dan sangat membantu dalam menjelaskan suatu konsep yang kompleks dengan mudah. Animasi mengacu pada gambar-gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan menayangkan frame-frame (bingkai-bingkai) gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi dapat dibagi ke dalam dua katagori :
a.      Animasi buatan
Animasi yang dihasilkan oleh manusia melalui bantuan program komputer.
b.      Animasi video
Animasi yang dihasilkan melalui rekaman darikamera video dan kejadian yang sesungguhnya.

6)      Special Efek
Special Effects atau Efek Spesial di dalam bahasa indonesia, sering disingkat SFX atau SPFX banyak digunakan di dalam dunia film, pertelevisian dan hiburan. Dengan definisi ini, efek spesial tidak cuma terdapat dalam film, seperti yang diketahui masyarakat awam. Efek spesial tidak hanya berwujud gambar, tetapi memiliki pengertian luas. Jadi kalau kita sering melihat pertunjukan musik dengan segala macam sinar laser, kembang api, hal tersebut dapat pula dikategorikan sebagai efek spesial. Adapun bentuknya, efek special digunakan untuk meningkatkan dampak suatu objek terhadap indra manusia. Obyek tersebut berupa tontonan, gambar, atau pertunjukan. Dengan demikian, diharapkan efek special bias menigkatkan ketertariakn seseorang terhadap obyek tersebut.

7)      Interaktifitas
Komunikasi antara orang-orang secara tatap muka ,yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung,baik secara verbal ataupun nonverbal. Kenyataannya komunikasi tatap muka membuat manusia merasa lebih akrab dengan sesamanya,berbeda dengan komunikasi lewat media massa seperti surat kabar dan televisi atau lewat teknologi komunikasi tercanggih sekalipun seperti telepon genggam, Email, atau telekonferensi, yang membuat manusia merasa terasing. Komunikasi manusia adalah komunikasi yang mengisyarakat penyampaian pesan searah dari (atau suatu lembaga) kepada seseorang (sekelompok orang) lainnya,baik secara langsung (tatap muka) ataupun melalui media, seperti surat (selebaran), surat kabar, majalah, radio, atau televisi. Jadi,komunikasi dianggap suatu proses linier yang dimulai dengan sumber atau pengirim dan berakhir pada penerima,sasaran atau tujuannya.
Pemahaman komunikasi sebagai proses searah sebenarnya kurang sesuai bila diterapkan pada komunikasi tatap-muka,namun mungkin tidak terlalu keliru bila diterapkan pada komunikasi publik (pidato) yang tidak melibatkan tanya jawab dan komunikasi massa (cetak dan elektronik). Akan tetapi, komunikasi massa melalui radio dan telivisi pun sekarang ini juga cenderung dua arah (interaktif). Suatu acara di radio, ataupun telivisi, sering mengadakan acara yang melibatkan tanya jawab secara langsung dengan pendengar atau pemirsa. Perangkat aturan (meskipun tidak tertulis) yang ditetapkan di keluarga mempengaruhi cara berkomunikasi, begitu pun perangkat aturan (tertulis) yang di tetapkan pemerintah. Pemerintah,melalui aturan-aturannya, hingga derajat tertentu menetapkan norma komunikasi warganya, baik komunikasi langsung
ataupun komunikasi bermedia, termasuk komunikasi massa. Setiap negara biasanya memiliki suatu sistem komunikasi tertentu.

D.     PROSES PRODUKSI KONTEN MULTIMEDIA
1)      Pre-Production
Pada prinsipnya proses ini meliputi :
-          Proses penuangan ide (proposal) produk
-          Perancangan produk
-          Perencanaan proses produksi
-          Penyusunan dokumentasi
-          Penyusunan tim
-          Membangun prototip
-          Pengurusan hak cipta
-          Penandatanganan kontark dan pembiayaan
2)      Production
Proses ini terdiri dari :
-          Pembuatan content multimedia yang diperlukan
-          Pemrosesan content
-          Pembuatan program / software yang diperlukan
-          Mengintegrasikan content dan software
-          Merevisi design
-          Membangun alpha version (hampir semua fungsi produk sudah dibangun diimplementasikan dan diintegrasikan)
-          Pengujian awal produk
-          Mengevaluasi produk dan merevisi software dan content berdasarkan pada hasil evaluasi
-          Membangun beta version (semua fungsi produk yang sudah dibangun, diimplementasikan dan diintegrasikan tetapi belum diuji secara lengkap)
3)      Post production
Proses ini terdiri dari :
-          Proses pengujian beta version
-          Mengevaluasi dan merevisi software dan content berdasarkan pada hasi pengujian versi beta
-          Me-realisasikan Golden Master (final product) dari product multimedia
-          Menyimpan semua material yang dipakai dalam proses produksi. Produk dengan tahap Golden Master ini yang akan dipasarkan, di publikasikan melalui multimedia communication yang memungkinkan

DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulas kembali tentang pengertian New Media, manfaat, komponen dan penggunaanya

PENGERTIAN GAME, GENRE GAME, PLATFORM GAME DAN CONTOH REVIEW GAME

PEMUDA DAN SOSIALISASI (makalah)